Tutorial Perawatan Lovebird PAUD Usia 3 Bulan Jadi Juara

oleh -8.938 views

Globalkicau – Perawatan love bird harian sangat penting. Terutama jika akan dibawa ke lapang menjelang lomba, tentu saja membutuhkan rawatan yang lebih khusus dari hari-hari biasa . Untuk rawatan harian love bird dewasa dan paud memang sedikit berbeda. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam perawatan harian agar burung bisa tampil maksimal di lapangan.

Berikut tips rawatan paud usia 3 bulan :

  1. Perawatan harian paud dimulai sejak pagi dengan pemberian pakan utama yang penuh gizi berupa RADJA MILET supaya kesehatan love bird paud terjaga. Untuk menambah stamina jangan lupa diberikan jagung muda sesuai kebutuhan love bird. Supaya paud mendapatkan vitamin yang cukup perlu diberikan asupan Extra Fooding (EF) tambahan yang berupa sayur-sayuran. Sayuran disesuaikan dengan kecocokan love bird yang bisa berupa sawi,kangkung segar, ,maupun biji kwaci untuk menambah tenaga sesuai kebutuhan. Tempat minum harus tersedia dalam keadaan penuh yang harus selalu dicek tiap hari. Sebab kadang love bird suka menggunakan tempat minum untuk mandi.
  2. Paud sebaiknya diberikan pakan tambahan lain jika terlihat kurang prima atau sakit dengan beberapa pakan tambahan seperti daun bayam yang berguna sebagai penambah tenaga setelah lomba ,daun ginseng ketika paud terlihat kurang sehat, daun binahong untuk mengobati paud yang sakit namun pemberiannya sesuai dengan kebutuhan paud.
  3. Tangkringan sebaiknya berjumlah dua supaya gerakan paud lebih bebas dan menambah aktifitas dan kesehatan paud. Dan gerakan makan dan minum maupun pergerakannya lebih leluasa.
  4. Untuk pemandian bagi paud sangat penting sekali, terutama bermanfaat dalam menjaga kondisi tubuh paud stabil dalam menghadapi cuaca yang kadang panas. Pemandian lebih baik dilakukan rutin tiap pagi setelah pemberian pakan utama. Pemandian bisa dilakukan dengan teknik penyemprotan jika paud tidak bisa mandi sendiri. Jika paud terbiasa mandi sendiri ,tempat cepuk air diusahakan lebih besar ukurannya dari tempat air biasa.
  5. Setelah mandi paud harus dijemur sekitar satu jam.Dengan dijemur paud akan menjadi lebih sehat karena akan mendapatkan energy dari sinar matahari pagi. Lagipula .Penjemuran paud di pagi hari akan menjadikannya lebih rajin berbunyi. Penjemuran berguna untuk menghilangkan kotoran atau parasite yang menempel pada bulu paud setelah pemandian.Sehingga bulu bulunya menjadi lebih kering.
  6. Setelah dijemur paud harus diangin-anginkan supaya kondisinya stabil dan biasa di tempatkan di tempat yang tinggi supaya paud bisa rajin ngekek dan berbunyi.
  7. Untuk melatih mental dan memperbaiki settingannya, lebih baik paud ditempatkan di dekat burung masterannya seperti kenari ,tengkek buto, cililin dan burung pelatuk ,juga sesekali di dekatkan dengan love bird dewasa yang sudah punya durasi panjang.

Jangan lupa untuk mengatasi paud yang over birahi para love bird lovers semua bisa memakai Radja Over Birahi untuk menurunkan birahi bagi love bird kesayangan anda sehingga di lapangan love bird anda bisa stabil penampilannya. /RadjaSunda